Peran Perempuan dalam ESports Indonesia – Indonesia Gamer Perempuan





Siapa yg gak kenal manajer dari divisi Dota 2 team nxl.GIGABYTE? Yap, inilah dirinya, salah satu perempuan yg aktif dalam pergelutan ESports Indonesia, Kelly Boham atau yg biasa dikenal dgn nickname “Bohamatic“.
Masihlah dalam suasana hri Kartini yg baru saja berlalu 21 April yg dulu, team WARDINDONESIA mendapat peluang bernilai buat melaksanakan wawancara serta-merta terhadap salah satu Kartini ESports Indonesia ini.

Mendidik divisi Dota 2 dari team nxl.GIGABYTE, Kelly bersama gampang jadi salah satu sosok penuh karisma & gampang di ingat oleh seluruhnya fans Dota 2 di Indonesia. Penasaran mengetahui lebih lanjut menyangkut Kelly? Yuk serta-merta aja kita masuk ke Interview Ekslusif WARDINDONESIA bersama Kelly Boham “Bohamatic“.

(Wawancara dilakukan lewat skype 
terhadap tanggal 23 April 2015)

Hi Kelly ! Tolong ceritakan sekilas dong berkenaan Kelly, biar para pembaca WARDINDONESIA semakin tahu menyangkut sosok di balik nickname ‘Bohamatic’ ini..

Hi WARDINDONESIA! Saya anak mula-mula dari 2 bersaudara, & mula-mula kali kenal dunia gaming tuh dari adik pria ku. Hasilnya dari situ, saya sejak mulai gemar bermain game console PS seperti Tekken, Need for Speed, GTA, hingga ketemu Dota 2 di thn 2013 hingga sekarang ini. Di luar gaming, kegiatanku sih hanya kuliah sama manage nxl dota aja sekarang ini.

Wah menjadi dari mungil emang udah menjadi gamers ya.. Bila nickname Bohamatic sendiri boleh tahu asal-usulnya?

Iya, dari lalu emang menyukai banget main-main game, sampe sempat sebuah diwaktu papa marahin saya gara2 bermain game tetap, PS nya sampe di umpetin deh, hahaha. Saat lagi heboh game Ayodance serta tidak jarang bela2in ke warnet bolos kuliah hanya utk bermain gitu (jangan sampai ditiru yah wkwkwk). Seandainya nickname Bohamatic sih diambil dari nama original. Menjadi asalku dari Manado, & marga keluarga itu “Boham”. Menjadi tinggal ditambahin -matic menjadi deh “Bohamatic”. Hehehe.

Oh menjadi dari nama ori toh. Lumayan menarik dikarenakan kan gak tidak sedikit yg tahu nama kumplit dari Kelly.

Iya.. Dahulu jujur rada males untuk pake nama Boham, soalnya tidak jarang di ledekin “Lampu Bohlam” gitu kala sekolah, jadinya seringkali dikenalnya Kelly Christine aja, eh diwaktu bikin KTP di suruh komplit pake Boham ya telah dipake deh.

Dari seseorang gamer, bagaimanakah sih narasi Kelly hasilnya dapat masuk ke dunia ESports? Apakah ada yg introduce Kelly ke ESports?

Awalnya mungkin saja sebab saya sempet post-post soal Dota gitu di Fb, tetap tiba-tiba dari Ko Richard (frgd – owner nxl) minta pertolongan saya untuk manage divisi Dota di nxl. Sebab saat itu saya uda perna denger macam mana dedikasi nxl di ESports, menjadi saya dgn menyukai hati ikut kontribusi ke ESport lewat team nxl.

Whoa, menjadi cepat dari bos gede nxl yah yg nawarin Kelly buat terjun ke ESports. Tidak Hanya Dota sendiri, apakah Kelly ngikutin ESports lain? Seperti CSGO? Atau malah genre unik seperti Fighting game yg lalu Kelly sempat gemar main-main di console?

Hahaha. Jujur sebelum masuk nxl saya serta kurang demikian ngerti soal ESports, yg saya tau hanya bermain game aja. Sesudah saya join nxl lah menjadi mengerti & menggali ilmu tidak sedikit mengenai ESports. Jikalau dahulu hanya tau permainan CSGO & Dota itu seperti apa, tetapi bila waktu ini saya follow Fanpage2 dari Atlet2 & komune ESports serta, menjadi senantiasa up-to-date berita-berita ESports lokal & Internasional. Utk game console, saya pula tetap gemar ngikutin berita-beritanya sampe waktu ini. Sanggup tau lebih tidak sedikit bakal tambah baik.

Bener banget ! Lebih-lebih di posisi Kelly waktu ini yg seseorang manajer, pastinya perlu pengetahuan luas & up-date info-info paling baru.

Iya betul banget hehehe.

Kebetulan kan tanggal 21 April tempo hari, kita baru aja merayakan Hri Kartini. Utk Kelly sendiri, sosok Kartini itu dengan cara apa?

Seandainya menurut saya, sosok ibu Kartini itu lebih terhadap pelopor atau pencetus. Di jaman dirinya bisa saja masih banyak perempuan yg mempunyai pemikiran seperti dirinya, tapi belum ada yg ingin & berani memperjuangkan. Keberanian & dedikasi yg ibu Kartini punyai itu lah yg menurut aku tak tidak sedikit dipunyai orang lain.

Oh gitu.. Pastinya, Kelly serta termasuk juga salah satu pemberani ya, menjadi sosok didunia ESports yg lebih di dominasi oleh laki laki. Menurut Kelly sendiri, seandainya Kartini hidup di dunia ESports, bakal seperti apa ya?

Ahahaha, barangkali lantaran saya emang dasarnya orangnya tomboi, menjadi malah kadang temen-temenku yg laki-laki pula udah gak anggep saya cewek lagi. Lama-lama menjadi terbiasa menjadi bila di gombalin ama laki-laki serta udah ga ada efeknya wkwkwk. Jikalau berkaitan sosok Kartini di dunia ESports.. rada bingunga pun sih, sebab menurut ku udah tidak sedikit wanita-wanita yg miliki dedikasi di bagian game baik nasional ataupun internasional. Cuma bisa jadi tetap didominasi oleh cowok, sebab buat di Indonesia sendiri, tidak sedikit yg belum berpikiran luas, maka pikirannya ya perempuan yg bermain game konsisten ga bakal mampu ngurus hunian, dikarenakan waktunya habis di game. Padahal kan sama aja seperti perempuan karier, namun balik lagi senantiasa game yg dijadikan kambing hitam. Menurut aku baik pria & perempuan punyai hak yg sama utk bekerja di sektor apa aja termasuk juga di dunia ESports.

“Keep calm and play Dota” – Bohamatic
Menjadi menurut Kelly kini perempuan didunia ESports Indonesia belum terlampaui nampak perannya? Atau sebenarnya telah mempunyai peranan mutlak, namun masihlah di anggap remeh demikian?

Yap sebenarnya udah tidak sedikit yg berperang mutlak, tapi image “wanita gamers” di warga tuh waktu ini tetap terpatok terhadap pemikiran “paling bekal cakep aja, paling aset seksi aja, dll”, maka sekian banyak perempuan yg benar-benar memang lah berdedikasi di ESports menjadi ikut di samaratakan bersama image “wanita gamers” seperti itu, & hasilnya dianggap remeh dedikasinya. Menjadi bagaimanakah business dari kita buat lambat laun menghilangkan image jelek tersebut, maka mesti sejak mulai dibangun dari karakter gamers-gamers perempuan itu sendiri.

Karakter apa sih yg menurut Kelly mutlak utk dibangun & dibutuhkan buat jadi personality perempuan di ESports?

Menurutku jika utk perempuan khususnya ya yg mula-mula memang lah mesti menjaga image diri, bukan berarti jaga image ya, terus apa adanya, namun sopan dari trick berpakaian & berkata-kata. Sebisa mungkin saja kita tak berkata-kata kasar baik dalam keseharian atau di dalam game. Yg ke-2, seandainya memang lah mau jadi player profesional, sehingga pun mesti serius berlatih & meningkatkan skill. & yg terakhir ialah integritas diri, macam mana trik kita konsisten ramah tidak dengan memunculkan image menggoda dll, mesti mampu bersikap tegas..

Luar biasa nih pernyataan dari Kelly. Utk Kelly sendiri, apakah ada role model tertentu? dari dunia internasional kemungkinan?

selama ini sih, role modelku itu Babyoling & Melonie Mac. Utk saya mereka bener-bener dapat memberikan inspirasi saya, baik dari karakter & prestasinya.

meloniemac
Melonie Mac, role model dari Bohamatic
Jadi menurut Kelly sekarang wanita di dunia eSports Indonesia belum terlalu kelihatan perannya? Atau sebenarnya sudah memiliki peranan penting, tetapi masih di anggap remeh begitu?

Yap sebenarnya udah banyak yang berperang penting, tetapi image “wanita gamers” di masyarakat tuh sekarang masih terpatok pada pemikiran “paling modal cakep aja, paling modal seksi aja, dll”, sehingga beberapa wanita yang memang benar-benar berdedikasi di eSports jadi ikut di samaratakan dengan image “wanita gamers” seperti itu, dan akhirnya dianggap remeh dedikasinya. Jadi bagaimana usaha dari kita untuk lambat laun menghilangkan image buruk tersebut, sehingga harus mulai dibangun dari karakter gamers-gamers wanita itu sendiri.

Karakter apa sih yang menurut Kelly penting untuk dibangun dan dibutuhkan untuk menjadi personality wanita di eSports?

Menurutku kalau untuk wanita khususnya ya yang pertama memang harus menjaga image diri, bukan berarti jaim ya, tetap apa adanya, tetapi sopan dari cara berpakaian dan berkata-kata. Sebisa mungkin kita tidak berkata-kata kasar baik dalam keseharian atau di dalam game. Yang kedua, jika memang ingin menjadi player profesional, maka juga harus serius berlatih dan meningkatkan skill. Dan yang terakhir adalah integritas diri, bagaimana cara kita tetap ramah tanpa menimbulkan image menggoda dll, harus bisa bersikap tegas..

Luar biasa nih pendapat dari Kelly. Untuk Kelly sendiri, apakah ada role model tertentu? dari dunia internasional mungkin?

Sejauh ini sih, role modelku itu Babyoling dan Melonie Mac. Buat aku mereka bener-bener bisa menginspirasi aku, baik dari karakter dan prestasinya.

meloniemac
Melonie Mac, role model dari Bohamatic


Dapat narasi sedikit siapa sih Babyoling & Melonie Mac itu?

Babyoling itu personality dari Malaysia, & ia sempet serta menjadi manajer team Titan (Dota 2), yg pula mewakili SEA ke tidak sedikit kontes mancanegara, & pula ke TI4. Buat Melonie itu youtubers & streamer pula di Twitch utk beraneka ragam macam game. Ia menyukai berbagi berkaitan dengan cara apa menyukai duka & perjuangan dirinya di dunia game. Hehehe.

Mantap ! Mudah-mudahan Kelly pun sanggup seperti idola-idolanya. Balik ke TeamNXL, ada narasi gemar duka menjadi manajer TeamNXL?

Hmm apabila sukanya rata rata saya seneng & enjoy aja bergabung di nxl, meski ada masalah tapi namanya udah passion menjadi gak terasa berat gitu. Makin ada masalah, malah semakin semangat cari jalan keluarnya. Saya pula mampu mencari ilmu tidak sedikit banget, dari karakter orang hingga dunia ESports, & sanggup tidak sedikit kenal anak-anak Dota yg buat saya itu factor bernilai yg ga mampu ditukar dgn apapun. Bila dukanya sih seandainya lagi ada masalah-masalah aja, kayak perubahaan roster, kita udah deket sama roster yg lama eh tetapi mesti move on lagi hahaha..

Nah bener tuh, menjadi manajer gak boleh Baper yah.. TeamNXL sendiri kan baru aja ada perubahaan roster, ada comment soal hal tersebut dari Kelly?

Wakakaka, iya ni gak boleh baper. Buat perubahaan roster, Amz & Xepher ke RRQ, udah diskusi bersama kita seluruhnya bahwa mimpi kita ialah mengambil Indonesia ke TI5, & ketetapan mereka buat bergabung dgn RRQ yakni utk mengambil Indonesia ke sana, menjadi dari TeamNXL support penuh ketentuan tersebut lantaran faktor itu buat nama baik Indonesia.

Yup, kepada hasilnya maksud kita seluruh berjuang di ESports kan utk menciptakan Indonesia di kenal di dunia ESports.

Iyap, betul sekali.

Udah berapa lama Kelly menjadi manajer Dota di TeamNXL?

Pass ya, saya mulai sejak dari thn 2013, menjadi sekarang ini udah nyaris 2 thn ya. Ga kerasa sih, seru hehehe.

Sewaktu aktif di ESports, apakah kesibukan di ESports menganggu personal life dari Kelly?

Enggak sama sekali.. Aku masihlah gerakan seperti biasa, konsisten jomblo, seluruh terus sama hahaha.

Soal manajemen ketika pula tak menganggu sama sekali ya? Apakah ada tips-tips dari Kelly soal pengaturan disaat yg kebanyakan kawan-kawan tidak sedikit alami ganjalan..


Kelly dgn Ex-NXL.Dota2 & NXL.CSGO
Enggak kok, pinter-pinternya kita aja utk atur saat. Anggap aja kita masihlah sekolah ya, kadang kita tidak jarang main-main game sampe begadang, namun kita mesti inget apabila besok ada kelas pagi, ya kita jangan sampai begadang. Mesti sadar & sanggup kontrol disaat. Sample lain, apabila kita udah tau jadwal kompetisi hingga malem, ya kita udah siapin stamina & fisik dari hari-hari pada awal mulanya. Diwaktu bermain game pula, mesti ingat makan & minum. Saya sendiri gemar edit cemilan bersama buah-buahan & tidak sedikit minum air putih diwaktu main-main game. & jangan sampai sempat lupa utk menyediakan kala buat sosialisai bersama keluarga & beberapa orang seputar.

Wah terimakasih banget nih tips-tipsnya. Kelly ada pengalaman menarik yg dapat di berbagi selagi menjadi manajer team nxl? Bisa Jadi misalnya lagi jalan gitu tau-tau ada yg ngenalin Kelly..

Wah ga sempat sih jikalau yg tajir gitu, palingan seandainya ada yg liat saya di sekitaran binus, nantinya dirinya message di facebook “ce tadi saya liat ce Kelly”. Hahaha..

Oh gitu.. Gerakan lain di luar ESports sehari-hari apa aja nih?

Hanya kuliah aja sih, konsisten saya serta senang banget berenang. Kebetulan udah semester akhir pun menjadi lagi sibuk persiapan skripsi. Soalnya dahulu saya sempet sakit cukup lama, menjadi cuti kuliah lebih kurang 3 th. Sempet pindah jalur pula dari akuntansi ke sastra jepang, ya waktu ini saya konsentrasi selesaiin kuliahku deh.

Wah mudah-mudahan berhasil skripsinya ! Menurut Kelly, apa nih next tahap utk Bohamatic?

Bila saat ini sih tetap konsentrasi ngurus divisi Dota di NXL, utk kemudian udah ada gagasan sih sesuatu yg aku mau melakukan di ESports, namun masihlah rahasia ah : P. Hehehe. Yg tentu buat kemajuan ESports Indonesia & ada hubungannya dgn perempuan pun.

Mantap ! Hingga serta kita di akhir interview ini, trimakasih utk ketika dari Kelly, & apakah ada shoutout utk pembaca WARDINDONESIA ?

My pleasure, terima kasih serta buat interviewnya : ). & shoutout terakhir dari saya : “Let people say what they want to say about gaming, and let us do what we can do for the best achievement. Success is not about what people say, but it depends on what we do.”



0 komentar

Posting Komentar